Pengetahuan Konsumen

 

ABSTRAK

Fenty Rismayanti, B1C01114. “Pengetahuan Konsumen Mengenai Perbankan Syariah dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah padaPT Bank Syariah Mandiri Tbk Cabang Bandung”. Skripsi FE UNPAD 2005. Dibimbing oleh Prof. Dr.Hj.Dwi Kartini,SE.,Spec.Lic dan Rita Komaladewi,SP.,MM

Pengetahuan Konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk/jasa yang meliputi pengetahuan atribut, manfaat, dan nilai kepuasan produk. Pengetahuan konsumen juga merupakan salah satu faktor dalam unsur psikologis yang mempengaruhi keputusan konsumen.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan konsumen mengenai perbankan syariah dan keputusan menjadi nasabah, untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pengetahuan konsumen terhadap keputusan menjadi nasabah, dan untuk mengetahui jenis pengetahuan konsumen yang paling menentukan keputusan menjadi nasabah. Ditinjau dari tujuannya, penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dan verifikatif. Metode analisis yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif.

Penelitian dilakukan menggunakan teknik survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 nasabah dana pihak ketiga dengan metode simple ramdom sampling, kemudian dilakukan uji validitas dan realibilitas terhadap data yang diperoleh.

Mengacu pada hasil pengolahan dan analisis data, penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan konsumen cenderung kurang baik pada item atribut produk, dan baik pada item manfaat serta nilai kepuasan produk karena mayoritas responden menjawab kurang mengetahui dan mengetahui terhadap variable yang diteliti. Selain itu, berdasarkan output regresi multiple, hasil koefisien determinasi membuktikan terdapat pengaruh sebesar 36,3% antara variable X terhadap variabel Y, kemudian melalui perhitungan koefisien regresi parsial dapat ditelusuri jenis pengetahuan yang paling berkontribusi terhadap keputusan menjadi nasabah berturut-turut yaitu pengetahuan manfaat dan nilai kepuasan produk.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

Fenty Rismayanti, B1C01114. “Consumer Knowledge of Sharia Banking and The Influence Toward Consumer Decision To Become Customer at Syariah Mandiri Banking Bandung”. Tutelage by Dr. Hj. Dwi Kartini, SE., Spec.Lic and Rita Komaladewi, SP., MM

Consumers’ knowledge is the amount of experience with and information about particular products or services a person has which is consist of all the information that consumer`s have about the variety of products/services, including the informations about attribute, benefits, dan the value of product`s satisfaction. It is also one of the factors on psychological that affect consumer`s decision making.

As recommended of this research, the purposes are to know the consumer`s knowledge about sharia banking and consumer decision making, to know how far the consumer`s knowledge affect a decision to be a customer of sharia banking, and to know which is the most affected kind of consumer`s knowledge to be a customer of sharia banking. Through the purposes, it classified as descriptive and verificative research, included qualitative and quantitative analysis.

This research uses survey technique with questionnaires spread out to 100 customer of saving deposits, using a method of simple random sampling, and then check the data using validity and reability test.

Based on result and data analysis, the research shows that the majority of responder’s answers are less know about product`s attribute item, and know enough on benefit also the value of product`s satisfaction item. According regression output, viewed from determination coefficient, it is proven that there is an influence for about 36,3% between X variable and Y variable. Further more, from the calculation of partial regression coefficient, it is acquired kind of knowledge that give significant contribution to responder decision making for become customer, as follows kind of benefits and product`s values satisfaction.


 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s